Cari

Sunday, June 24, 2018

MathCAD

MathCAD Prime 1.0
Developer(s)          
Initial release          
Stable release         

Operating system   
Available in
Type          
License      
Website
: Mathsoft, PTC
: 1986
: 15.0 M045 / November 2015
  Prime 4.0 / March 6, 2017
: Microsoft Windows
: 10 languages
: Computer algebra system
: Proprietary
: www.ptc.com/products/mathcad


MathCAD adalah perangkat lunak komputer yang terutama ditujukan untuk verifikasi, validasi, dokumentasi, dan penggunaan kembali perhitungan teknik. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986 pada DOS, itu adalah yang pertama memperkenalkan pengeditan langsung notasi matematis, dikombinasikan dengan perhitungan otomatisnya.

MathCAD, solusi perhitungan teknik Parametrik Technology Corporation, digunakan oleh para insinyur dan ilmuwan di berbagai disiplin ilmu - paling sering teknik mekanik, kimia, elektrik, dan sipil. Awalnya dibuat dan ditulis oleh Allen Razdow (dari MIT, pendiri Mathsoft), MathCAD sekarang dimiliki oleh PTC dan secara umum diterima sebagai aplikasi komputer pertama yang secara otomatis menghitung dan memeriksa konsistensi unit teknik seperti Sistem Satuan Internasional ( SI), di seluruh rangkaian perhitungan. MathCAD saat ini mencakup beberapa kemampuan sistem aljabar komputer, tetapi tetap berorientasi pada kemudahan penggunaan dan dokumentasi simultan aplikasi teknik numerik. MathCAD merupakan calculation tool untuk para rekayasa (engineer). Dengan menggabungkan perhitungan, grafik, teks dan gambar dalam sebuah dokumen, mathCAD dapat memberikan informasi dan publikasi untuk membantu manajerial dalam proyek besar.

MathCAD juga menyediakan dokumen perhitungan dalam bahasa matematis, karena mathCAD menggabungkan perhitungan komputasi secara penuh melalui notasi perhitungan konvensional dengan fitur-fitur huruf dan perangkat grafik. MathCAD berorientasi sekitar worksheet, di mana persamaan dan ekspresi diciptakan dan dimanipulasi dalam format grafis yang sama di mana mereka disajikan (WYSIWYG) yang berarti segala sesuatu yang tertulis dalam lembar kerja MathCAD, itu pula yang akan kita peroleh dalam tampilannya. Sebagai contoh untuk perhitungan yang menggunakan operator integrasi, MathCAD telah menyediakan simbol integral yang sesungguhnya.
Hal ini tidak seperti program lain seperti Mapple, Mathematica, Mathlab dan lain-lain. MathCAD adalah bagian dari sistem pengembangan produk yang lebih luas yang dikembangkan oleh PTC, dan sering digunakan untuk banyak sentuhan poin analitis dalam proses rekayasa sistem. Hal tersebut terintegrasi dengan solusi lain PTC yang pengembangan produk bantuan, termasuk Creo Elements/Pro , Windchill , dan Creo Elemen/View.

MathCAD memberikan kemampuan penyelesaian, fungsionalitas, dan ketangguhan yang diperlukan untuk penghitungan, manipulasi data, dan pengerjaan desain enginnering. Interfacenya dibuat sederhana dengan fitur lengkap yang memudahkan membuat teks, rumus, grafik yang tergabung dalam sebuah lembar kerja yang bisa dengan mudah divisualisasikan, diilustrasikan, diverifikasi, dan diberi keterangan.


Tidak seperti software teknik lainnya, MathCAD memberikan kemudahan penghitungan matematika seperti yang anda lakukan. Persamaannya seperti yang ditulis di lembar kertas, namun bisa dikalkulasi secara langsung. Memasukkan rumus, membuat grafik data atau fungsi, dan memberi keterangan dengan teks atau ditempat manapun di lembar kerja.

Mencari turunan, integral, menghitung akar, menyeleseikan persamaan sistem atau ODE, mengubah data, variabel, atau persamaan, dan MathCAD secara langsung menghitung kembali lembar kerja. Coba ketikan persamaan seperti dibawah dan ubah angka 3 untuk melihat apa yang terjadi pada hasil akhirnya.


MathCAD juga bisa memadukan penghitungan numerik dan simbolik dalam lembar kerja, seperti:
Selain itu, MathCAD juga bisa menampilkan grafik, seperti:
MathCAD juga memudahkan mampu mengkonversi antar sistem satuan, dan bahkan membantu menemukan kesalahan dengan memberitahu jika kita membuat kesalahan dalam menuliskan satuan dalam lembar kerja perhitungan. Contohnya, Penghitungan Gaya dibawah ini berakhir dengan satuan Newton (atau satuan yang setara)
Terlihat bahwa ada tambahan satuan secon dalam akhir penghitungan. Dengan melihat pernyataan dalam penghitungan, tampak bahwa definisi percepatan a salah, kurang satu per secon.

Pada MathCAD juga bisa menghitung persamaan dengan satuan yang berbeda seperti di bawah ini:
Sistem satuan default pada MathCAD adalah SI, namun bisa diubah menjadi sistem lain seperti MKS, CGS, US, atau none. Untuk mengubah satuan hasil dari meter ke feet, hanya klik pada placeholder satuan dan ubahlah.
Banyak kemampuan lain Mathcad yang bisa dieksplor oleh para pencinta matematika, Fisika, dan para Insinyur praktisi desain perencanaan struktur. Mathcad teryata juga  bisa menampilkan grafik fungsi matematis yang terlibat dalam perhitungan kita.





Microsoft Excel merupakan suatu perangkat Office yang Powerfull, banyak para Engineer menggunakan tool ini untuk memudahkan pekerjaan mereka, dan bahkan lebih jauh lagi perangkat office ini bisa dibuat program sehingga memudahkan user dalam menginput atau menghitung dalam berbagai proyek.

Di dunia industri bahkan dunia kerja Microsoft Excel tidak bisa lepas, sehingga setiap individu sangat bergantung pada perangkat ini. Google sheet merupakan aplikasi office dari google yang bersifat free, sehingga memungkinkan para pengguna smartphone bisa melakukan kegiatan praktis dilapangan, khususnya para enjiner yang melakukan tugasnya. Dengan memadukan dua aplikasi ini, maka sangat banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Microsoft Excel bisa berkolaborasi dengan MathCAD menjadi suatu program Powerfull sehingga bisa dengan mudah di distribusikan, bahkan dari kolaborasi kedua perangkat ini bisa mengalahkan perangkat-perangkat lain yang berbasis Analisa modelling seperti Nastran, CosmosWork, Ansys dan Lain-lain.

Beberapa kemampuan MathCAD, yaitu:
  • Memanfaatkan banyak fungsi numerik, seperti statistik, analisis data, pemrosesan gambar, dan pemrosesan sinyal
  • Secara otomatis mengelola unit pada seluruh worksheet, mencegah operasi yang tidak benar dan melakukan pengurangan unit otomatis
  • Memecahkan persamaan diferensial , dengan beberapa metode numerik mungkin
  • Grafik fungsi dalam dua atau tiga dimensi
  • Buat tipe plot 2D dan 3D parametrik, serta plot data diskret
  • Perhitungan simbolik termasuk pemecahan sistem persamaan
  • Melakukan operasi vektor dan matriks, termasuk nilai eigen dan vektor eigen
  • Mencari akar polinomial dan fungsi
  • Statistik fungsi dan distribusi probabilitas
  • Perhitungan di mana unit terikat ke besaran
  • Impor dari, dan ekspor ke, aplikasi lain dan jenis file, seperti Microsoft Excel dan MathML.
  • dsb.

Meskipun MathCAD kebanyakan berorientasi pada pengguna non-pemrograman, tetapi juga digunakan dalam proyek yang lebih kompleks untuk memvisualisasikan hasil pemodelan matematika dengan menggunakan komputasi terdistribusi dan penggandengan dengan program yang ditulis menggunakan bahasa yang lebih tradisional seperti C ++.



Sumber:
http://majalahberbisa.blogspot.com/2014/05/gambaran-umum-mathcad.html
http://zakindo.blogspot.com/2010/07/sekilas-tentang-mathcad.html
https://en.wikipedia.org/wiki/MathCAD

No comments:

Post a Comment