Cari

Sunday, June 24, 2018

Poster Matematika

Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat (Wikipedia).

Nah, kali ini saya akan memperlihatkan sebuah poster matematika. Posternya itu tentang lingkaran. Tujuannya, semoga dengan adanya poster matematika ini, siswa jadi lebih mudah memahami materi tentang lingkaran.


Pada poster tersebut, terlihat bahwa lingkaran memiliki bagian-bagian tertentu dengan nama atau istilah yang berbeda beda. Seperti di dalam keluarga, untuk membentuk suatu keluarga, ada yang berperan sebagai ayah, ibu, dan anak. Dan jika anaknya ada beberapa, pastilah nama setiap anak tersebut berbeda-beda.

Selain itu, tau ngga kaitan phi dengan keislaman?
Nah, phi itu kan nilainya 22/7. Coba deh lihat di Al-Qur'an, surah ke 22 itu apa sih?
Ternyata di dalam Al-Qur'an, surah ke-22 adalah surah Al-Hajj. Nilai phi tersebut memiliki hubungan dengan surah ke-22 (Surah Al Hajj), di mana ketika melakukan haji, ada saatnya kita melakukan thawaf. Berdasarkan Wikipedia, Tawaf itu berarti kegiatan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali. Nah, kelihatan jelas kan ? 22/7 ? 22 surah Al-Hajj, bahasannya tentang Haji, dan ketika melaksanakan haji, kita ada melaksanakan 7 kali keliling kakbah :)

Untuk gambar yang di pojok kanan, itu adalah beberapa contoh lingkaran yang bisa kita lihat di sekitar kita. Sebenarnya masih banyak lagi benda-benda yang berbentuk lingkaran, tapi saya hanya mampu menampilkan seadanya :)

Terakhir, untuk yang terakhir, itu adalah proses kehidupan manusia, manusia itu hidupnya seperti itu. Dimulai dari bayi, ke anak-anak, kemudian melewati masa remaja, menjadi dewasa, tua, dan pada akhirnya meninggal dunia. Itu proses kehidupan manusia yang secara umum aja yaa.. Sebab, kematian itu tidak selalu datang ketika kita sudah tua saja. Kadang, bayi yang baru lahir juga bisa meninggal dunia. Remaja, ada juga yang meninggal ketika remaja. Ingat! Kematian itu tidak ditentukan oleh umur! Jadi, mulailah memperbanyak bekal dari sekarang karena ketika kamu meninggal dunia, itu bukanlah akhir, tetapi akan ada kehidupan selanjutnya!



No comments:

Post a Comment